CAMTASIA STUDIO

Dosen Pengampu : Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si, M.Si

By ( Kelompok 8)

Aakah itu Camtasia ?

        Camtasia adalah sebuah software dari perusahaan Techsmith Coorporation. Software ini digunakan untuk merekam aktifitas pada dekstop komputer sesuai dengan keinginan pemakai, seperti membuat video tutorial dan presentasi langsung melalui screencast, atau melalui plug-in rekaman langsung ke Microsoft PowerPoint. Ketika digunakan sebagai program screen software menangkap berbasis video, menggunakan Camtasia seperti menggunakan kamera video untuk merekam layar Anda. Dalam hal ini, meskipun, perangkat lunak diinstal pada komputer Anda, sehingga menangkap layar Anda secara langsung direkam ke format video digital dengan audio berkualitas tinggi.Camtasia juga dapat disesuaikan untuk menangkap seluruh layar, windows tertentu , atau wilayah yang ditetapkan pengguna . Screen capture video bisa direkam dengan atau tanpa narasi suara, dan dapat dijelaskan setelah perekaman. Camtasia memiliki alat editing video yang luas serta alat-alat pasca-produksi yang memungkinkan keterangan untuk ditambahkan ke video. Melalui Camtasia, adalah mungkin untuk merekam, mengedit, memproduksi dan berbagi konten saja. fitur editing termasuk keterangan, transisi, zoom-in-pan, perangkat tambahan audio dan banyak lagi. Screen capture video bisa direkam dengan atau tanpa narasi suara, dan dapat dijelaskan setelah perekaman.

  Seakan itu tidak cukup, studio juga termasuk aplikasi-aplikasi tambahan seperti editor audio, penyajian CD / MenuMaker, dan alat konversi untuk output produksi di MP4, FLV, AVI, WMV, MOV, animasi GIF, audio MP3, dll.

Software ini merupakan software berbayar yang berarti jika ingin menggunakan dalam jangka waktu lama harus membeli lisensi dari perusahaan yang membuat Camtasia Studio. Jika tidak mau membeli lisensi tersebut maka Anda hanya dapat memakainya selama 30 hari.

  1. Camtasia Digunakan untuk Apa ?

               Camtasia awalnya dirancang untuk membuat tutorial software, namun memiliki aplikasi yang kuat lainnya . Penggunaan umum Camtasia adalah:

  • Untuk membuat tutorial online
  • Untuk merekam presentasi hidup, yaitu segala sesuatu di layar dan suara presenter
  • Untuk membuat media bahan ajar yang kaya menggunakan kombinasi screen capture dan video
  • Memberikan umpan balik, beberapa akademisi menggunakan screencasting untuk memberikan umpan balik kepada siswa mereka. Hal ini dapat digunakan untuk memberikan umpan balik pribadi berkualitas tinggi

Seperti disebutkan di atas, ada tiga tahap untuk menciptakan screencast dengan Camtasia Studio: rekaman, mengedit, dan memproduksi. Secara singkat, inilah yang masing-masing mencakup:

  1. Recording.

Merekam hanya berarti bahwa Anda mulai video yang menangkap layar komputer Anda saat menceritakan apa pun yang muncul di atasnya. Anda dapat memilih untuk menangkap seluruh layar Anda atau hanya bagian tertentu dari itu.

  1. Editing.

Setelah Anda selesai merekam layar komputer Anda, Anda memiliki kesempatan untuk mengeditnya. Mungkin ada bagian yang ingin Anda mengedit – misalnya, jika ponsel Anda berdering selama perekaman atau jika Anda tersandung kata. Mungkin ada sesuatu yang ingin Anda sisipkan – misalnya, jika Anda lupa menyebutkan sesuatu. Mungkin ada hal-hal tertentu di layar yang ingin Anda tonjolkan dengan cara “memanggil” seperti panah atau lingkaran. Mungkin ada bagian di screencast yang ingin Anda pengantar dengan “kartu judul.” Anda mungkin perlu menyesuaikan volume suara Anda. Semua hal ini, dan lebih, bisa dilakukan selama tahap editing.

  1. Producing

Setelah Anda selesai mengedit screencast Anda, Anda perlu membuat itu ke dalam format yang dapat di-upload ke web. Sebuah format umum adalah MPEG-4. Ini adalah format yang baik jika Anda akan meng-upload screencast Anda untuk YouTube.Producing. Setelah Anda selesai mengedit screencast Anda, Anda perlu membuat itu ke dalam format yang dapat di-upload ke web. Sebuah format umum adalah MPEG-4. Ini adalah format yang baik jika Anda akan meng-upload screencast Anda ke YouTube.

  1. Persyaratan Sistem
    Persyaratan Sistem Windows
  • Microsoft Windows 7 atau Windows 8
  • Microsoft DirectX 9 atau versi yang lebih baru
  • Microsoft .NET 4.0 (termasuk)
  • Prosesor dual-core minimum ~ Direkomendasikan: prosesor Quad-core atau lebih baik
  • 2 GB RAM minimum ~ Direkomendasikan: 4 GB atau lebih
  • 2 GB ruang hard-disk untuk penginstalan program
  • Tampilan dimensi 1024×768 atau lebih besar
  • Didedikasikan kompatibel dengan Windows kartu suara, mikrofon, dan speaker (dianjurkan)

Persyaratan Sistem Mac OS X

  • Komputer Mac dengan prosesor Intel
  • Mac OS X 10.9 atau yang lebih baru
  • Dukungan Quartz ekstrim (render tidak didukung pada monitor eksternal USB)
  • 2GB RAM
  • 4GB ruang disk yang tersedia (minimal)
  • Quicktime X atau lambat
  • Pemutaran menggunakan Smart Player didukung di Internet Explorer 8 +, Chrome, Firefox, Safari 5.1+, ios 6+, Android 4 + (Chrome untuk Android Direkomendasikan)
  1. Perbedaan Camstudio di Windows OS dengan Mac OS

Recording Feature

Pada Windows OS tidak terdapat fitur DV Camera sedangkan pada MAC OS tidak terdapat Restore Cursor Location After Pause, ScreenDraw, Capture Keyboard Input dan Lock to Application.

Editing Feature

Pada Windows OS terdapat Share Projects and Files Across Computers, SmartFocus, Captions, Title Clips, Callouts, Annotations, and Shapes, Video Effects, Audio Effects, Cursor Effects, Animations, Transitions, Direct Manipulation of Media on Preview Area (Canvas), Quizzing and Surveys, Add Markers, Blur, Highlight, Multiple Video and Audio Tracks, Hotspots, Clip Speed, Remove a Color kecuali Freeze Region yang tidak ada. Mac Os tidak terdapat Title Clips, Quizzing and Surveys

Sharing Feature

Pada Windows OS Tedapat semua fitur Sharing namun pada MAC OS tidak terdapat ADD or EDIT Presets, Production Review, Batch Production, Produce a selection, Uploap video by FTP, Customize the flash Control dan Customize the flash About.

  1. Shortcut Camtasia pada Windows
1. Manage Camtasia Projects
Ctrl+N Membuat project baru
Ctrl+O Membuka Project
Ctrl+S Menyimpan project
Ctrl+P Memproduksidan membagi
Ctrl+I Import media

  1. Merekam Hotkeys
F9 Merekam/ Pause
F10 Berhenti
Ctrl+M Menandai (Marking)
Ctrl+Shift+D ScreenDraw
3. PowerPoint Add-In
Ctrl+Shift+F9 Merekam/Pause
Ctrl+Shift+F10  
 

Kelebihan dan Kelkurangan

 

ekurangan

 Kelebihan  dari Camtasia:

  1. Memakai sistem Drag and Drop.
  2. Tersedia recorderuntuk merekam layar PC.
  3. Efek transisipada video.
  4. Dapat menambah background musik.Dan lain-lain

Kekurangan dari Camtasia:

  1. Software shareware (program berbayar).
  2. Spesifikasi PC yang harus lumayan besar.
  3. Untuk masalah spesifikasi PC

Ketika anda sudah selasai dalam merekam mengedit dan mengekspor konten ke format file yang dapat diterima, anda dapat menyebarkan atau mempublish konten anda ke internet, anda dapat mempublisnya di:

  • Situs anda sendiri
  • Youtube
  • Saluran hosting gratis. Dan masih banyak lagi

Tinggalkan komentar